Islamku Kebebasanku

Islam adalah sebuah karunia Tuhan yang diberikan kepada manusia akhir zaman untuk mengontrol dan membebaskan segala bentuk perbudakan, penindasan, diskriminasi dan segala sesuatu yang merusak. Islam merupakan agama yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW agar para umatnya tunduk, patuh mengamalkan ajaran kebaikan dan meninggalkan perihal keburukan. Islam turun di arab yang secara geografi adalah sebuah negeri yang panas, tak hanya itu saja secara geo-politik, geo-sosial dan geo-ekonomi disana mayoritas banyak terjadi berbagai bentuk diskriminasi yang dilakukan oleh suku-suku yang berkuasa. Salah satu dari suku tersebut adalah suku dimana nabi Muhammad dilahirkan. Nabi Muhammad diutus dan dilahirkan disana untuk membebaskan umat manusia dari segala bentuk penindasan, nabi Muhammad lahir sebagai setitik cahaya yang akan menerangi Jazirah Arab dan menghapuskan kegelapan yang ada disana. Sebagai seorang nabi beliau mempunyai tanggung jawab yang sangat berat dibandingkan dengan manusia-manusia yang lain. Perjuangan beliau dalam membebaskan umat manusia, menemui banyak sekali tantangan berupa percobaan pembunuhan dll. Meski begitu beliau tetap semangat dan tetap menegakkan keadilan sampai akhir hayat beliau. Sampai islam besar dan menyebar kepenjuru negeri di dunia.

Mungkin saya sebagai orang yang terkena dampak penyebaran islam hanya tahu cerita tersebut dan berusaha mengilhami sifat dan perjuangan beliau, perjuangan yang sangat keras diterpa banyak sekali rintangan dan cobaan yang hampir membunuh beliau tak membuat mental beliau citu dan lemah seperti orang-orang hari ini. Saya sangat-sangat bersyukur bisa menjadi salah satu umat beliau dan bisa merasakan indahnya islam. Meskipun saya tak tau rupa wajah beliau dan tak pernah bisa bertemu beliau tetapi saya sangat mengagumi beliau dengan segala perbuatannya. Beliau adalah manusia pembebas yang membawa cahaya islam dari Jazirah Arab ke luar sampai ke negara tercinta kita yaitu negara Indonesia. Indonesia dahulu yang terkenal dengan mayoritas hindu budha, hari ini sudah terkenal dengan islamnya karena terkena efek perluasan islam itu sendiri.

Indonesia terkenal sebagai negara yang terdiri dari berbagai macam suku, budaya, ras dan agama. Salah satu agama yang terbesar di Indonesia adalah agama islam. Orang di indonesia hampir seluruhnya bisa mengucapkan alhamdulillah, assalamualaikum meskipun mereka bukan beragama islam. Dari hal itu bisa dilihat kalau mereka menghargai agama yang berbeda dari mereka, mereka tak ragu dan tak menghiraukan kalimat-kalimat tersebut dari mana atau seperti apa yang terpenting ketika itu baik dan itu merukunkan maka itu akan dipakai untuk saling menghargai dan menghormati sesuat yang berbeda dari mereka. Meskipun nilai-nilai dan norma-norma harmonisasi selalu dikumandangkan kepada seluruh orang tetapi tetap saja banyak sekali bentuk diskriminasi dan ketidak adilan yang dilakukan oleh salah satu kelompok dari mereka, entah islam kepada kristen,hindu,budha dll ataupun kristen,hindu, budha terhadap islam. Tetapi saya tetapi yakin kalau seluruh konflik di Indonesia yang mengatasnamakan agama dan tuhan adalah sebuah alibi untuk mengorganisir massa agar tujuan-tujuan politiknya tercapai. Politik kekuasaan yang berdalih agama memang sangat cocok dan menggugah hati seseorang untuk menatapnya atau untuk ikut serta dalam bergerak, karena di Indonesia memang sangat mudah untuk mengadudomba antara kelompok yang satu dengan kelompok yang lain.

Islam mengajarkan agar seluruh umat manusia bisa saling menghargai dan menghormati satu sama lain, tercermin didalam firman Alloh SWT “Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku (QS Al Kafirun: 6). Pada ayat ini dijelaskan bahwasannya seseorang harus saling menghormati dan harus saling menghargai tak peduli berbeda agama ataupun perbedaan yang lain. Sikap saling tolong-menolong harus tetap ada meskipun pada suatu tempat terdapat berbagai bentuk perbedaan, karena didalam sebuah perbedaan perihal tentang kemanusiaan akan tetap terjaga utuh untuk kesejahteraan bersama. Sudah selayaknya seseorang yang berbeda terus berpegangan tangan dan terus berpelukan agar cita-cita keharmonisan tetap terjaga untuh mengakar sampai kedasar bumi Indonesia kita tercinta!

Tinggalkan komentar